Giring Mundur dari Pencapresan 2024, PSI Usulkan 9 Nama Capres

Setelah beberapa tahun lalu mendeklarasikan sebagai Calon Prsiden (Capres) 2024 hari ini Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring melalui siran persnya secara resmi menyatakan mundur sebagai calon presiden 2024.

“Maka hari ini dengan penuh kesadaran saya Haji Giring Ganesha Djumaryo mengumumkan mundur dari pencapresan,” kata Giring saat konferensi pers, Kamis, 24 Februari 2022.

Kemunduran Giring dalam pencapresan dikait-kaitkan oleh beberapa media dengan wacana Jokowi 3 (tiga) periode santer beredar menjadi usulan rakyat, menjadi aspirasi rakyat kepada para petinggi pimpinan Parpol. 

Dilansir oleh Kompas.com Giring mengatakan, ketika berbicara ihwal sosok pemimpin ideal, nama Presiden Jokowi adalah sosok yang mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia. Kata dia, banyak sekali rakyat Indonesia yang ternyata masih menghendaki sosok Jokowi untuk memimpin Indonesia. 

Sebab, menurutnya, ini adalah fakta di lapangan sekaligus aspirasi masyarakat yang sangat menyukai Jokowi namun dibatasi oleh konstitusi bahwa presiden hanya bisa dijabat selama dua periode.

9 Nama Capres Usulan PSI

PSI menemukan fakta di lapangan dan terdapat sembilan nama yang diinginkan rakyat menggantikan Jokowi, yaitu Emil Elestianto Dardak; Erick Thohir; Ganjar Pranowo; Mochamad Ridwan Kamil; Mohammad Mahfud MD; Muhammad Andika Perkasa; Muhammad Tito Karnavian; Najwa Shihab; dan Sri Mulyani Indrawati.

“Kami yakin, mereka adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan,” ujarnya. 

Giring selama ini telah melakukan upaya-upaya sosialisasi pencapresannya dengan berkeliling ke berbagai daerah. 

Sejak tahun 2020 lalu pasca deklarasi sebagai Capres 2024 banyak iklan billboard bergambar Giring dengan tulisan ‘Giring untuk Presiden 2024’ tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. 

“Saya, Giring Ganesha, akan mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia pada 2024. Izinkan dan beri kesempatan kepada saya untuk melayani seluruh rakyat,” kata Giring dalam konferensi pers virtual, Senin, 24 Agustus 2020.