Adakan Rapat Terbatas, Jokowi Tegaskan Pemilu 2024 Tidak Ditunda

KLIKSAJA.CO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat terbatas bersama beberapa jajaran Menteri, dalam rapat tersebut Jokowi menegaskan tidak ada penundaan Pemilihan Umum (Pemilu), dan sesuai keputusan yang telah diambil bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan di selenggarakan pada 14 Februari 2024.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa bahapan pertama Pemilu segera dimulai pada pertengahan Juni 2022 mendatang. Hal tersebut sesuai dengan aturan yang termaktub dalam perundangan-undangan.

“Tahapan pemilu itu sudah dimulai nanti di pertengahan Juni 2022. Ketentuan tersebut didasari oleh ketentuan Undang-Undang (UU) yakni 20 bulan sebelum pemungutan suara,” kata Presiden, saat memberikan arahan dalam rapat persiapan Pemilu dan Pilkada, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/04/2022).

Tak cuma itu, Jokowi juga meminta pada jajarannya untuk menjelaskan pada masyarakat mengenai tahapan Pemilu yang sudah dimulai sejak Juni 2022. Sebab, sesuai ketentuan Undang-Undang, tahapan pemilu sudah dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Terkait hal ini, sejumlah anggota Komisi Pemilihan Umu (KPU) dan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) akan dilantik pada 12 April mendatang untuk segera mempersiapkan pesta demokrasi tersebut dengan matang.

Menjelang Pemilu dan Pilkada, Jokowi menyebut, wajar jika situasi menghangat. Namun, ia memerintahkan para menteri untuk menjaga kondisi di akar rumput agar tetap kondusif.

“Perlu di jelaskan jangan sampai nanti muncul spekulasi informasi yang isinya pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden” ungkapnya