Pemerintah Gandeng Maudy Ayunda Dukung Empat Agenda Prioritas G20 Bidang Pendidikan

Pemerintah bersama Maudy Ayunda (influencer) mengajak masyarakat untuk mendukung empat agenda prioritas G20 bidang pendidikan pada pertemuan perdana Kelompok Kerja Pendidikan atau Education Working Group (EdWG) yang diselenggarakan di Yogyakarta, Kamis, 19 Mei 2022.

Dilansir dalam website resmi kemdikbud.go.id, Pemerintah bersama Maudy Ayunda mengajakmasyarakat untuk mendukung empat agenda prioritas G20 bidang pendidikan yaitu Pendidikan Berkualitas untuk Semua, Teknologi Digital dalam Pendidikan, Solidaritas dan Kemitraan, serta Masa Depan Dunia Kerja Pasca Covid-19 sebagai solusi bersama untuk bangkit dari situasi pandemi.

“Melalui kepemimpinan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), mari kita jalankan apa yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo untuk menghasilkan langkah konkret dari presidensi Indonesia,” ujar Maudy Ayunda

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) juga menerangkan terkait hal tersebut dengan mengambil contoh transformasi pembiayaan pendidikan yang kini lebih berkeadilan sosial seperti dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan perluasan cakupan berbagai jenis beasiswa.

Selain itu, Mendikbudristek juga menjelaskan mengenai salah satau program terobosan yakni Merdeka Belajar, yang menjadi basis pembahasan agenda prioritas Teknologi Digital dalam Pendidikan.

”Kemendikbudristek melakukan banyak terobosan yang belum pernah dilakukan sebelumnya seperti platform Merdeka Mengajar. Tidak seperti pandangan umum yang fokus pada aplikasi belajar daring, platform yang dirancang Kemendikbudristek berfokus untuk memberdayakan dan mendukung kepala sekolah serta guru untuk mengoptimalkan potensi mereka,” terang Menteri Nadiem

Mendikbudristek optimistis bahwa konsensus dalam pertemuan EdWG G20 ini akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan dunia pendidikan di dunia dalam upaya memulihkan pendidikan sebagai dasar untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan.