Patrap Senopati Wilayah Padjadjaran Terbentuk, Dipimpin Oleh R. Budi Cahyono Wilogo

Paguyuban Trah Panembahan Senopati telah hadir dibumi Banten, DKI dan Jawa Barat yang dipimpin oleh Bapak R. Budi Cahyono Wilogo.

Wilayah Padjadjaran ini telah berhimpun korda-korda yang telah terdapat tedhak turun Trah Panembahan Senopati, antara lain adalah :

  • Korda Jakarta Timur, Ketua R.Ngt Elok Riski Wasisrowati, S.Psi
  • Korda Jakarta Selatan, Ketua R. Septiyan Ade Chandra,S.Sos,.M.Pd
  • Korda Jakarta Barat, Ketua R.Nur Chozin
  • Korda Kabupaten Tangerang, Ketua Rudi Pramono
  • Korda Majalengka ketua R. Ari Wibowo
  • Korda Bekasi, Ketua Hidayatullah

Yayasan Payuban Trah Panembahan Senopati adalah Paguyuban Trah untuk menghimpun tedhak turun Panembahan Senopati.

Panembahan Senopati adalah raja pertama Mataram Islam yang ibukotanya terletak di Kotagede Yogyakarta .

Dimasa era kepemimpinanya tanah Kerajaan Mataram Islam tumbuh dengan subur, makmur dan rukun.

Paguyuban

Paguyuban Trah Panembahan Senopati ini terbentuk di Yogyakarta tanggal 19 April 2022 yang didirikan oleh 9 pendiri dan memiliki kepengurusan di pusat,terdiri 9 korwil dan beberapa korda yang tersebar di pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Ntb,Ntt,Maluku dan Papua serta Mancanegara.

Pengurus Pusat, korwil dan korda yang telah dilantik pada tanggal 30 Juli 2022 yang dihadiri oleh perwakilan Wakil Gubernur Yogyakarta yaitu Ketua Paniradya Provinsi DIY yaitu Bapak Aris Eko Nugroho.

Patrap Senopati saat ini memiliki harapan dan semangat untuk bersama-sama (guyub) dalam mengumpulkan tedhak turun (keturunan) Panembahan Senopati dibelahan dunia manapun untuk saling sapa dan rukun agar tidak kepaten obor.

Dalam perkembangannya, Yayasan Paguyuban Trah Panembahan Senopati khususnya Korwil Padjadjaran masih menyebarkan ke penjuru pelosok melalui media untuk menghimpun keturunan Panembahan Senopati yang tersebar di wilayah Banten, DKI dan Jawa Barat agar dapat menyatu dalam ikatan kekeluarga yang sudah hilang dalam beberada dekade.

Budi Wilogo, selaku Ketua Wilayah berharap kedepannya Korwil Padjadjaran dapat menghimpun keturunan Panembahan Senopati agar dapat kembali guyub serta dapat turut berperan serta untuk nguri-nguri kebudayaan melalui program-program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Sementara itu, Suroso dari bidang Humas Pusat mengatakan, membutuhkan kerja ekstra untuk mengumpulkan Panembahan Senopati karena tantangan wilayah yang luas.

“Tentu butuh kerja ektra untuk Pengurus Korda-Korda di wilayah Padjadjaran Patrap Senopati mengumpulkan tedhak turun Panembahan Senopati karena tantangan wilayah dan waktu untuk terus mengepakkan sayap,tentunya ini tidak menghambat kita untuk selalu mempromosikan melalui media massa dan media sosial agar keturunan Panembahan Senopati yang berkibar dengan bidang profesinya masing- masing tetap menyadari bahwa pentingnya suatu nasab dan leluhur mereka.” Terang Suroso. 

Suroso menambhkan, untuk sedulur keturunan Panembahan Senopati yang ada di wilayah Padjadjaran dimanapun berada, agar dapat menghubungi R. Hetyanto selaku wakil wilayah padjadjaran dengan nomor +62 859-2183-3460 untuk dapat bersilaturahmi kembali dan menjalin kekerabatan yg lama terputus.

Salam Rahayu.