Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Sosial Bagi Seluruh Ummat Manusia

Hari raya idul adha atau hari raya idul kurban merupakan salah satu hari besar bagi Ummat Muslim, masyarakat Indonesia beranggapan bahwa tidak lengkap rasanya apabila merayakan hari raya idul adha tanpa berkurban. Namun ada makna lain dari sekedar berkurban yakni hari raya sosial bagi seluruh ummat manusia. Karena ada banyak golongan yang akan merasakan dampak dari kurban di hari raya idul adha ini.

Demikian disampaikan oleh Ustad Suwanto El Nasir saat menjadi narasumber Dialog Virtual dan Diskusi Media dengan tema “Idul Adha, Bukan Sekedar Berkurban dan Berbagi” yang diselenggarakan oleh Klik-TV, Kliksajajatim.co, Kliksaja.co Network dan PT. Klik Media Bojonegoro melalui zoom meeting, Kamis, (30/062022).

“Idul Adha itu kita maknai sebagai hari raya sosial bagi ummat manusia, dimana pembagian daging nantinya akan diberikan kepada si pengkurban, orang yang membutuhkan, dan juga sebagai hadiah untuk kerabat kita bahkan yang non muslim sekalipun”. ungkap Ustad Suswanto.

Selain itu ustad Suswanto juga mengungkapkan bahwa hari raya idul adha merupakan sebuah pengingat agar kita tidak melupakan peristiwa sejarah dari Nabi Ibrahim A.S, “idul adha tidak lepas dari sejarah Nabi-Nabi terdahulu yakni sejara Nabi Ibrahim yang merupakan sebuah peradaban yang tidak boleh kita lupakan” kata Ustad Suswanto

Hari raya idul adha tidak hanya dimaknai sebagai pengingat peristiwa berkurban saja, melainkan sebuah rentetan ibadah yang berkaitan dengan jantung dunia Islam.

“hari raya idul qurban ini merupakan sebuah rentetan ibadah yang hubungannya jantung dunia Islam yaitu Baitullah atau Makkatul Mukarromah dengan rentetan ibadah haji” terang Usta Suswanto.

Selain itu hari raya idul adha juga merupakan sebuah sarana bagi ummat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Penciptanya. “idul adha ini merupakan rentetan dari sebuah Ubudiyah kita dimana terdapat keutamaan-keutamaan di bulan Dzulhijjah yang merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.” pungkas Ustad Suswanto

Hadir Direktur Utama PT. Klik Media Bojonegoro Miftahul Amin bertindak sebagai pembuka jalannya diskusi. Amin sapaan akrabnya menyampaikan harapan agar diskusi ini dapat memantapkan peserta untuk berkurban sehingga menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“harapanya melaui diskusi ini kita dapat mnmgetahui makna-makna atau pandangan lain dari berkurban sehingga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT” ungkap Amin yang juga sebagai redaktur Kliksajajatim.co.

Turut Hadir dalam acara diskusi, Moh Yasin (Direktur Eksekuti LSIN), Fadhli (Direktur Eksekutif SUDRA), Arifin (Redaktur Kliksaja.co), Bukhori (Direktur PT. Klik Media Bojonegoro).