Dukung Potensi Wisata Suak, Ditjen Pembangunan Desa Kunjungi Desa Wisata Suak Lampung Selatan

(16/06/2022) lalu Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Sugito, S.Sos,MH bersama romobingan dari para pejabat Kemendes melakukan kunjungan di Desa Wisata Suak, Lampung Selatan.

Kegiatan kunjungan dari Kemendes RI dihadiri langsung diantaranya adalah Sugito, S.Sos,MH (Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes), Muh. Fachri (Direktur Advokasi Kerjasama Desa dan Perdesaan Kemendes), H. Luthfy (Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kemendes). 

Dalam kunjungannya tersebut, Ditjen Kemendes Pembangunan Desa dan Perdesaan memberikan motivasi dan arahan kepada jajaran pemerintah daerah maupun pemerintah desa dan masyarakat menjelaskan bahwa manfaat dana desa adalah dalam rangka pengangkat potensi desa.

“Bahwa manfaat Dana Desa adalah dalam rangka mengangkat potensi Desa untuk kesejahteraan masyarakat desa”, Demikian diuraikan oleh Sugito, S.Sos,MH.

Sugito menambahkan, untuk mendukung pembangunan desa, dapat juga dilakukan melalui BUMDes. BUMDes  harus bisa berkontribusi diantaranya kalau di Desa Suak ya tentu saja menarik pengunjung atau wisatawan baik melalui medsos, mengadakan iven-iven, dan berbagai bentuk kegiatan seperti welcome drink dari produk asli desa.

Untuk itu tambah Sugito perlu dukungan seluruh masyarakat, “masyarakat sendiri harus juga berpartisipasi serempak meramaikan, mendukung, mempromosikan, menjaga kebersihan, ramah kepada pengunjung, menghadirkan pertunjukan budaya dan atraksi-atraksi budaya lokal setiap ada iven-iven dan kunjungan, sehingga menjadi tuan rumah yang baik”. Jelas Sugito. 

Sementara Itu Kepala Desa Suak, Juli Wahyudin mengatakan bahwa dana Desa memiliki dampak peningkatan ekonomi masyarakat desa, Desa Suak melalui BUMDes membangun, mengajak warga untuk mengembangkan potensi desa, yang dalam hal ini BUMDes Desa Suak bekerjasama dengan kelompok masyarakat melakukan pengembangan wisata desa Pantai Muara Indah. 

Kunjungan berlangsung selama beberapa jam dengan mengunjungi beberap atitik lokasi wisata dan potensi desa. Romobongan Kemendes kemudian melanjutkan perjalanan Dinas ke lokasi lainnya. 

Hair pula mendamping dalam kegiatan tersebut diantaranya PMD kabupaten Lampung Selatan, Camat Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Pendamping Desa (PLD, PD, TA, KPW), Pemdes Suak, BUMDesa JEJAMA JAYA Desa Suak.