Sampaikan Pidato Kenegaraan, Jokowi : Krisis Demi Krisis Masih Menghantui Dunia, Kita Harus ‘Eling Lan Waspodo’

Presiden Jokowi mengingatkan agar selalu hati-hati, dan siaga. Ancaman krisis demi krisis terus menganhtui dunia dan geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan.

“Saya tegaskan kembali bahwa kita harus selalu waspada, hati-hati, dan siaga. Krisis demi krisis masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan”. Jelas Jokowidodo.

Pesan ini disampaikan langsung oleh Jokowidodo saat sampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) DPR RI dan DPD RI 16 AGustus 2022 di Gedung DPR MPR RI.

“Kita harus selalu “Eling lan Waspodo”, harus ingat dan waspada. Kita harus selalu cermat dalam bertindak. Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah.” Tambah Jokowidodo dalam closing sambutannya.

Jokowi juga memaparkan dalam sambutannya tentang agenda besar bangsa yang tidak boleh berhenti. Jokowi menjelaskan 5 agenda yang tidak boleh berhenti. Pertama terkait hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam. Kedua optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau. Ketiga Perlindungan hukum sosial ekonomi dan politik untuk rakyat. Keempat UMKM naik kelas dan Kelima pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan.

“Langkah-langkah besar harus terus dilakukan. Ada minimal 5 agenda besar yang telah saya tekankan. Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju. Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas.” Jelas Jokowidodo.