Tingkatkan Religiusitas dan Pendidikan Akhlak, BAZNAS (BAZIS) DKI Gelar Program Pesantren Ramadhan selama 25 Hari di Kampung Gembira Gembrong

Dalam rangka meningkatkan religiusitas dan pendidikan akhlak, BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta mengadakan program “Pesantren Ramadhan” selama 25 hari ramadhan di wilayah Kampung Gembira Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur.

Kasie Pendayagunaan Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta. Mohd. Raja Zamzami dalam sambutan penutupan Pesantren Ramadhan menyampaikan bahwa program pesantren ramadhan merupakan bagian dari program ramadhan penuh warna.

“Program pesantren ramadhan Baznas BAZIS DKI di Kampung Gembira Gembrong merupakan bagian dari program Ramadhan Penuh Warna BAZNAS BAZIS DKI Jakarta tahun 2023.

Pesantren ramadhan di Kampung Gembira Gembrong dilakukan selama 25 hari di bulan ramadhan tahun 2023. Adapun peserta pesantren ramadhan adalah anak-anak kampung gembira gembrong yang jumlahnya ratusan peserta.”. Jelas Raja Zamzami dalam sambutannya.

Raja Zamzami menambahkan, bahwa tujuan program pesnatren ramadhan adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman warga khusunya anak-anak Kampung Gembira Gembrong terhadap agama sehingga menjadi bekal untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

“Tujuan pesantren ramadhan ini sendiri adalah agar menjadikan anak-anak di kampung gembira gembrong lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.”. Tambah Raja Zamzami.

Selama mengikuti program pesantren ramadhan. Anak-anak Kampung Gembira Gembrong dibekali materi-materi bahan ajar diantaranya materi baca tulis Al-Qur’an dan hafalan hadits, serta materi umum tentang Islam, seperti pembelajaran ahlak, adab dan juga ketauhidan.

Pesnatren ramadhan yang berlangsung selama 25 hari ramadahn tersebut juga menghadirkan para ustadz dan ustadzah yang menjadi pengajar dan pembimbing peserta pesantren ramadhan.

Perubahan Karakter Anak

Sebagaimana disampaikan oleh para asatid dan asatidzah selama program pesnatren ramadhan berlangsung bahwa selama kegiatan berlangsung, anak-anak peserta pesantren ramadhan sangat antusias dan penuh keceriaan mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh para mentor pendamping pesantren ramadhan.

Selain itu diungkapkan pula bahwa selama diadakan pesantren ramadhan, ada perubahan yang sangat baik pada anak-anak peserta pesantren ramadhan.

Dimana, anak-anaknya yang awalnya sangat sulit untuk diajak belajar mengaji dan cenderung lebih asik bermain gadget.

Kini sedikit ada perubahan pada karakter anak-anak yang terlihat lebih suka berinteraksi bersama teman-temanya untuk mengikuti kegiatan mengaji.

“Ini semua bagaian dari kerja keras dan penuh kesabaran oleh para mentor pendamping pesantren ramadhan yang begitu sabar dan penuh penjiwaan dalam menyampaikan materi kepada anak-anak.” Jelas Raja Zamzami.

Hari ini (16/04/2023) kegiatan pesantren ramadhan di Kampung Gembira Gembrong secara resmi di tutup oleh Kasie Pendayagunaan Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutanya, Mohd. Raja Zamzami berharap agar kegiatan sepeprti ini dapat terus berlanjut di setiap ramadhan nantinya.

“Semoga kegiatan seperti ini akan terus berlanjut disetiap ramadhan tiba, sehingga bisa memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan dan anak-anak kampung gembira gembrong.” Ucap Raja Zamzami.

Kegiatan penutupan pesantren ramadhan di Kampung Gembira Gembrong berlangsung secara sederhana dan penuh makna.

Kegiatan penutupan dilakukan dengan membacakan ayat suci Al-Qur’an secara bersamaan dan mengkhatamkanya, serta pemberian hadiah kepada para pemenang lomba mewarnai, lomba azan, lomba Nasyid, lomba pidato dan lomba cerdas cermat Islami.